Cara Membuat "Contact Us" Dengan Google Drive

Posted by Unknown on Friday 13 September 2013


Cara Membuat "Contact Us" Google Drive

     
Halaman contact us yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung, sangat kita butuhkan. Agar terjadi timbal balik antara Admin dan pengunjung blog. Berikut ini kita akan belajar menggunakan contact us yang disediakan oleh google, lewat layanan google drive.

Cara membuat Contact Form

Masuk ke Google Drive dan login menggunakan akun GMail kalian.




Click pada tombol Create disebelah kiri dan pilih Form option.




Sebuah tab baru akan muncul. Masukan nama form dan pilih tema default. Lalu klik ok

Lalu akan muncul tab pembuatan form. Sekarang masukkan Name di kolom Question Title, centang pada required question dan kemudian tekan tombol done, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Gunakan question type : teks .






     Untuk menambah lebih banyak pilihan seperti Email, Subjek dan Pesan cukup tekan tombol add item yang menambah dan tambahkan sebanyak item yang ingin kalian tambahkan dalam bentuk form kalian. untuk mengecek apakah form kalian sudah benar  klik view live form.     
     Setelah kalian puas dengan bentuk, tekan tombol kirim bentuk ’send form' dari sudut kanan atas layar atau yang ada di bawah form .
       Sebuah kotak dialog akan terbuka. Click pada Embed button and salin seluruh kode  ke postingan atau ke page contact kalian.



Tip: Kode akan terlihat seperti ini:

<iframe frameborder="0" height="500" marginheight="0" marginwidth="0" src="https://docs.google.com/forms/d/.……………….../viewform?embedded=true" width="760">Loading...</iframe>

      Formulir kontak telah dibuat. Sekarang kita harus mengaktifkan opsi pemberitahuan yang berarti ketika seseorang mengisi dan mengirimkan formulir dari blog kita, maka kita harus menerima pemberitahuan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Pengaktifan Pemberitahuan:


Click pada tombol "choose response destination" diatas page.




            Sebuah kotak pop up akan muncul. Pilih tombol radio spreadsheet baru dan tekan tombol create. Lihat di bawah screenshot.





Sekarang klik pada tombol "view responses



 Sebuah tab baru akan terbuka dengan spreadsheet.
 Sekarang klik pada menu Tools dan pilih aturan pemberitahuan.



Kalian akan melihat sebuah menu popup muncul. Cukup centang pada  A user submits  a form and Email - right away options lalu tekan-lah tombol simpan!




Langkah terakhir klik Done.


     Ini adalah contoh bentuk form yang sudah selesai dan ada di blog ini. Jika diperhatikan maka bentuknya akan memiliki 3 kolom/box yang harus di isi oleh pengunjung. Yaitu kolom Name, Email dan Comments. 




      Nah sekarang kalian telah berhasil? Dan kalian telah mendapatkan bentuk “contact us” yang kalian sukai dari layanan google drive ini. Selamat menikmati tampilan baru di dalam blog mu. 

Tulis Komentar Kalian Untuk Cara Membuat "Contact Us" Dengan Google Drive