Widget-Widget Unik Dan Menarik

Posted by Unknown on Saturday 7 September 2013


     Ini adalah daftar widget unik dan menarik yang perlu kita ketahui bersama. Sekedar untuk bagi-bagi info agar tampilan blog jadi lebih menarik untuk dilihat. Jangan terlalu banyak menaruhkan widget pada blog kalian jika tidak ingin loading blog menjadi berat. Just secukupnya aja. Cek it dot….

  1. Mashable– Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Anda.
  2. Headline News – Seperti widget mashable, widget ini pun menampilkan cuplikan headline berita dari situs-situs di seluruh penjuru dunia.
  3. Flickr Flash Photo Stream Badge – Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo.
  4. Preview Anywhere– sudah cukup terkenal juga nama snapshots bagi pengguna blogger bahkan untuk WordPress widget ini menjadi rekomendasi khusus dalam dashbord admin penggunanya. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup yang tidak terlalu besar ketika pengunjung mengarahkan mouse pada teks atau banner yang “mengandung” link.
  5. Twitter Badge– Jika dalam keseharian hidup Anda banyak hal-hal menarik dan begitu penuh warna dengan segudang aktifitas serta ingin agar orang lain tahu dan menampilkan cuplikan kalimat-kalimat pendek *satu paragraf misalnya* (140 karakter) Anda sedang melakukan kegiatan ini, kalian sedang berada dimana, Anda sedang bersama siapa, Anda sedang, sedang, dan sedang lainnya…. Maka widget ini cocok untuk dipasang pada blog Anda. Daripada bikin sendiri element blogger/WordPress *secara manual*menuliskan teks sebagai pesan kepada pengunjung blog kalian bahwa kalian sedang ini-itu, saya sarankan lebih baik menggunakan widget ini. Widget ini akan menampilkan “tweet” terbaru kalian.
  6. Digg News – Widget ini manampilkan Link terakhir yang masuk ke Digg sebuah social bookmarking yang sudah banyak digunakan dijagat perbloggan. Pilihan theme dan warna mudah untuk kalian atur agar sesuai dengan template blog kalian.
  7. FEEDJIT – Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog kalian. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa kalian gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.
  8. LineBuzz – Komentar dalam widget inline untuk Blog kalian. Widget ini sangat berguna bagi blog yang memiliki frekuensi di atas 900 Mhz tinggi dalam menerima komentar, sehingga memudahkan berkomentar jika terjadi diskusi yang berkepanjangan. Hanya sayang, pengunjung harus terdaftar LineBuzz dulu untuk berkomentar.
  9. Flixn – Jika kompi atau laptop kalian terpasang webcam, maka widget ini bisa digunakan untuk memperlihatkan ekspresi “narsis” kalian langsung melalui blog kalian. Jadi pengunjung blog tidak hanya membaca postingan kalian tapi bisa menyaksikan “konser” kalian di depan monitor, mirip webcam yahoo.
  10. 3Jam – Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan kalian dengan mengirimkan SMS pada henpun kalian tanpa mereka tahu nomor HP kalian.
  11. Jaxtr– Seperti halnya widget 3jam di atas, dengan menggunakan widget Jaxtr ini, pengunjung blog bisa menghubungi HP kalian tanpa mereka tahu nomor HP Anda. *nomor HP kalian dijamin kerahasiaannya*
  12. LinkedInABox – Menampilkan profile kalian di LinkedIn. Dan widget ini sangat cocok untuk blog personal.
  13. Box Widget– Dengan widget ini, memudahkan pengunjung blog kalian untuk mengupload file ke tempat penyimpanan online box.net melalui widget box.net pada blog kalian.
  14. Price of gas – Menampilkan harga bahan bakar kendaraan bermotor secara online (US$), kalo di Indonesia mungkin seperti harga Bensin premium, pertamax dan solar. “sangat cocok” untuk pengunjung blog kalian yang mobilitasnya tinggi. 
  15. iBegin Weather Widget – Menampilkan laporan cuaca untuk wilayah Kanada dan Amerika. Seperti widget Price of Gas di atas widget ini hanya cocok untuk blog yang memang membahas masalah yang sama.
  16. ClockLink – Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu, seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog kalian.
  17. Daily Painters – Widget ini sangat cocok bagi kalian yang berjiwa seni tinggi karena widget ini menampilkan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal di dunia.
  18. WhoLinked – Memperlihatkan kepada pengunjung blog kalian situs-situs yang telah melink pada blog kalian. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang melink blog kalian.
  19. Criteo AutoRoll – Widget ini memperlihatkan link menuju blog-blog yang sehaluan dengan blog kalian.
  20. Calender – Berbeda dengan WordPress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika kalian ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.
  21. Bitty Browser – Menampilkan web browser “mini” pada sidebar blog kalian. 
  22. Leafletter – Ini juga sama masih masalah mini, widget ini membuat website mini dan menyimpannya pada blog kalian.
  23. WikiSeek – Menampilkan widget untuk pencarian pada Wikipedia.
  24. FeedCount – Menampilkan jumlah pengunjung blog kalian melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner kalian.
  25. Technorati Link Count– Menampilkan reaksi jumlah link yang menuju blog kalian.
  26. MyPageRank – Menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini seperti saat kita terima raport ada rangking 1 sampe 10, bedanya PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 10, kalo baru satu berarti belum besar-besar amat blog kalian.
  27. CheckPageRank – Pilihan lain untuk menampilkan PR blog kalian, namun kelebihannya widget ini menampilkan juga ranking Alexa.
  28. Counter Statistic – Bagi kalian yang ingin melihat jumlah pengunjung kalian sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.
  29. Web/Blog Counter – Widget ini datangnya dari Histats.Com yang memungkinkan kalian bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog kalian sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa. Jika kalian ingin melihat IP Address pengunjung blog kalian, widget histats ini sangat direkomendasikan.
  30. BlinkxIt – Widget mantab sangad karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog kalian, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog kalian.
  31. Skype button – Seperti widget menampilkan status online YM pada blog kalian, widget ini pun hampir sama cuma bedanya status online/offline pada account skype kalian yang ditampilkan.
  32. RockYou Horoscope – ini adalah widjet ramalan/horoskop. 
  33. Bravenet Horoscope – Seperti halnya widget di atas, bravenet pun menyediakan widget horoscope untuk blog kalian.
  34. del.icio.us Tagometer – Widget ini menampilkan berapa banyak pengguna del.icio.us membookmark blog kalian.
  35. del.icio.us Linkrolls – Widget ini menampilkan bookmark terakhir kalian dari del.icio.us.
  36. Timelines – Perlu membuat timeline untuk blog kalian? Maka widget cukup mudah digunakan, hanya perlu memasukan RSS blog kalian lalu memasukkan ukuran lebar dan tingginya.
  37. PollDaddy – PollDaddy memberikan kalian kemudahan membuat sebuah poling atau survey interaktif .
  38. Vizu – Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog kaliana, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.
  39. AnswerTips – Memperlihatkan jawaban dari Answers.com untuk berbagai macam istilah yang terdapat pada blog kalian.
  40. AnswerBoxes – Masih widget dari Answer.Com hanya saja widget ini memberikan kesempatan pada pengunjung blog kalian untuk memasukan istilah yang tidak dimengerti dan mendapat jawaban segala risau hatiku dari Answer.Com.
  41. Now Playing – Jika kalian ingin sharing playlist musik yang sedang kalian dengarkan dan ingin agar pengunjung blog kalian juga mendengarkan, nah Signamp menawarkan widget ini, biar signamp yang melakukan trik bagaimana hal itu mungin terjadi.
  42. BuzzBoost – Menampilkan headline dari RSS FeedBurner blog kalian  sendiri ataupun blog kalian yang lain atau juga pada blog teman kalian dll.
  43. LibraryThing – Tampilkan buku terakhir yang telah kalian baca.
  44. Plaxo Address Book – Izinkan pengunjung setia yang telah kalian percayai untuk mengakses buku tamu mereka langsung dari blog kalian.
  45. AuctionAds – Widget yang menampilkan pelelangan barang dari eBay, dan memberikan kesempatan pada untuk mendapat persentase dengan catatan pengunjung blog kalian membeli barang lelang tersebut.
  46. aStore – Hampir mirip dengan AuctionAds di atas, hanya saja widget ini datangnya dari Amazon. Widget ini memungkinkan Anda menampilkan “warung sederhana” tapi jika ada yang beli lewat warung kalian tersebut kalian mendapatkan keuntungan dari Amazon. Btw, sudah daftar amazon belum? Kalo belum Klik Disini untuk daftar dan langsung buat “warung sederhananya”. 
  47. Deal of The Day – Masih dari Amazon ini merupakan widget paling anyar yang dirilis amazon. Yang menarik dari widget ini adalah diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk pengunjung blog kalian. Dan jika ada yang membeli barang dari widget tersebut tentu kalian mendapat persenan dari amazon.
  48. Plazes – Widget ini menampilkan dimana posisi kalian.
  49. Stockalicious – Perlihatkan portfolio kalian dengan widget ini, dan sharing dengan blogger lain. 
  50. Yahoo! For Good – Widget ini untuk membuat “kotak amal” dan akan didonasikan kepada yang berhak menerimanya.
  51. Giftspace – Sahabat ataupun teman blogger akan memberi hadiah di hari Ultah kalian tapi mereka tidak tahu harus membeli hadiah apa yang sekiranya kalian inginkan. Nah melalui widget ini biarkan mereka tahu kado apa yang sebenarnya Anda inginkan. 
  52. MixMap – Dari widget ini Anda bisa melihat pengunjung profile MySpace kalian dari sebuah Peta.
  53. Google Map Widget – Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog kalian.
  54. Google Video Search – Tampilkan form pencarian video dari video pilihan pada blog kalian.
  55. This Day in History – Widget ini menampilkan cuplikan bahwa hari ini ada sejarah apa pada masa lalu.
  56. Shoutbox – Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa kalian gunakan diantaranya, ShoutmixCbox, atau kalo kalian berorientasi nasionalis dan cinta produk dalam negeri-mu bisa memilih Oggix. Dan awal 2008 ini oggix pun meluncurkan versi blognya, jika kalian ingin berpindah layanan atau sekedar mencoba blognya oggix silahkan daftar.
  57. Flag Counter – Widget yang satu ini memberitahu kita pengunjung kita berasal dari negara mana saja. Dalam widget kita bisa mengatur isinya sesuai selera, mulai dari jumlah halaman yang di lihat, jumlah pengunjung dari suatu negara ke blog / web kita. Fungsinya sama dengan FEEDJIT, tapi ini lebih sederhana silakan coba.
              

Tulis Komentar Kalian Untuk Widget-Widget Unik Dan Menarik